Kamis, 23 Agustus 2012

KHASIAT/MANFAAT DAUN JATI CHINA

 
Jati China adalah genus besar tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae, subfamili Caesalpinioideae, yaitu Senna (dari bahasa Arab sanā), atau sennas. Fabaceae adalah salah satu suku tumbuhan dikotil yang terpenting dan terbesar. Beragam genus ini adalah asli dari seluruh daerah tropis, dengan sejumlah kecil spesies mencapai ke daerah beriklim sedang. Banyak tumbuhan budidaya penting termasuk dalam suku ini, dengan bermacam-macam kegunaan, biki, buah (polong), bunga, kulit kayu, batang, daun, umbi hingga akarnya digunakan manusia. Bahan makanan, minuman, bumbu masazat pewarna, pupuk hijau, pakan ternak, bahan pengobatan. Dalam keluarga fabaceae terdapat sekitar 236 jenis tanaman. Salah satunya yaitu folium sennae atau jati china. Jati China adalah tanaman asli daerah Asia Barat, namun tanaman ini banyak ditemukan baik di daerah tropis maupun nontropis.
Pada Abad ke 9 Daun Jati China digunakan sebagai obat menghilangkan sembelit, tapi saat ini perkembangan Jati China telah digunakan oleh para Dokter sebagai obat pembersih colon (usus besar). Semakin berkembangnya zaman, Daun Jati China kini banyak diolah menjadi teh serbuk ataupun Teh Celup agar penggunaan lebih praktis dan higienis. Manfaat Daun Jati China yang telah di olah menjadi teh tidak mengurangi kadar manfaat yang terdapat dalam DaunJati China tsb. 
  1. Meningkatkan kemampuan herbal dalam tubuh,
  2. Menurunkan Kolesterol dan lemak dalam tubuh
  3. Dapat menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh
  4. Dapat Melangsingkan & menurunkan berat badan
  5. Dapat Menghilangkan perut buncit karena timbunan lemak
  6. Mengurangi secara efektif penyumbatan kotoran dalam usus besar
  7. Mencegah terjadinya sembelit & obesitas
  8. Memperlancar BAB & menyehatkan lambung
  9. Memperlancar sekresi air seni (diuretic)
  10. Meningkatkan peristaltic usus.
Manfaat Teh Daun Jati China sudah banyak dikenal dan diakui oleh banyak kalangan sebagai obat pelangsing tanpa ada resiko yang berarti. Hanya saja Teh Daun Jati China dilarang digunakan bagi penderita gangguan ginjal, wanita Hamil dan Ibu Menyusui.

Manfaat Teh Daun Jati China

Setelah teh daun jati Belanda sekarang tersedia teh daun Jati China dengan nama latin Tectona Grandis F. Linn. Sekarang daun jati china sebagai pelangsing alami yang aman bagi tubuh.
 
\

Senna nama asli dari teh daun jati china adalah tanaman asli Afrika, Timur Tengah (khususnya Mesir dan Sudan). Pertama kali diperkenalkan pada abad ke-9 karena efek medisnya oleh ahli medis Arab, Serapion dan Sesue yang kemudian memberinya nama dalam bahasa Arab dan menggunakannnya sebagai laxative atau obat pencahar.
Cassia Acutifolia disebut juga Senna Alexandrina/Cassia senna diekspor dari Mesir melalui Kairo 
dan Laut Merah. Diberi nama Senna Alexandria dan Senna Mesirkarena pada saat itu pelabuhan perdagangan utama di Mesir bernama Alexandria. Buah dan daun diperdagangkan melalui jalur dari Nubia dan Sudan dan tempat lain ke Alexandria dan dari situ diseberangkan melalui Laut Mediterania ke Eropa dan  perbatasan Asia. Cassia angustifolia dari India diseberangkan dari India melaui Madras. Tahun 1640 dikembangbiakkan dan dimanfaatkan di Inggris karena kandungan pencaharnya.

FARMAKOLOGI KLINIK
Waktu aksi senna berkisar antara 8-10 jam, sehingga sebaiknya diminum pada waktu malam. Senosida dapat menghilangkan keluhan konstipasi pasien (irritable bowel syndrome). Pada dosis terapi tidak ditemukan adanya gangguan kebiasaan waktu defekasi; dapat melunakkan tinja dan meningkatkan kecepatan transit makanan dalam kolon melalui peningkatan gerakan peristaltik. Senosida sedikit diserap pada bagian atas saluran gastrointestinal.

MANFAAT MEDIS
  • Pencahar untuk mengatasi sembelit/konstipasi, ambeien, setelah operasi rectal anal, pengosongan lambung sebelum foto rontgent,
  • Anti inflammatory (anti bengkak)
  • Regenerasi Sel
  • Obat cuci perut (colon cleansing)
  • Detoksifikasi

DOSIS
1-2 gram irisan daun kering dilarutkan dalam 200 ml air panas lalu di minum. Agar  tidak mengganggu aktifitas Anda pagi atau siang hari, sebaiknya diminum saat malam hari setelah makan malam. Dosis harian rata-rata 1 sendok makan...
 

UJI KLINIS
Efikasi Tradisional Chinese Medicine untuk mengatasi konstipasi                    

Manfaat minum teh daun jati China:
1. Mengurangi kolesterol, apabila anda makan yang kaya akan karbohidrat dan kolesterol tinggi minumlah teh ini.
2. Akan membersihkan sisa-sisa kotoran pada usus anda. Sehingga kotoran pada usus yang sudah lama dan melekat akan terbuang melalui BAB.
3. Teh Daun Jati China ini cocok bagi pria dan wanita yang memiliki kelebihan berat badan.
Teh daun jati china membantu mengurangi berat badan anda.
Tetapi ada beberapa hal yang diperhatikan:
1. Apabila anda menderita masalah pencernaan disarankan minum teh 2 hari sekali saja.
2. Tidak disarankan minum teh daun jati china apabila sedang haid, alasannya kebanyakan wanita mengalami PMS syndrom dengan perut kembung, otot perut terasa kencang,  apabila anda minum teh daun jati cina akan menambah ketidaknyamanan anda dalam masa menstruasi.
3. Apabila anda masih baru atau belum pernah minum teh daun jati china ini, maka penyeduhannya jangan terlalu kental. Teh diseduh dengan air panas 400ml karena biasanya lemak akan luntur bersama air seni sebelum BAB. Karena reaksi tiap orang berbeda,apabila kurang bereaksi maka penyajiannya teh bisa dikentalkan.
4. Biasanya teh daun jati china ini bereaksi minimal 7 jam, jadi sebaiknya minumlah sebelum tidur malam hari sehingga pagi hari anda lancar BAB, dan tidak mengganggu kegiatan anda keesokan harinya.
5. Apabila anda mengalami BAB yang berlebihan , sebaiknya hentikan atau kurangi dosis pemakaian.
CARA PENYAJIANNYA:
1. Teh daun jati china ini dalam  bentuk kering sehingga perlu diseduh dengan air panas apabila anda ingin kental tambahkan air panas 200 ml
2. Tutup  dan diamkan  selama 15 menit. Kental atau tidaknya teh tergantung banyaknya teh yang diseduh. Ambil saja 2 jumput teh dengan tangan atau 2 sendok makan.
3. Apabila anda ingin buang air seni lancar makan tambahkan 200ml lagi tidak usah dengan air panas dengan catatan setelah seduhan 200 ml sebelumnya sudah mengental baru tambahkan air.
4. Teh daun jati china yang kami jual berbentuk daun teh yang sudah dikeringkan. Cara penyimpanan yang baik simpanlah ditempat yang tertutup rapat ,bisa tahan sampai 2 bulan. Saat ini dalam pasar telah tersedia teh jati china dalam bentuk bubuk , manfaat sama saja dengan yang dikeringkan hanya jika teh jati cina dibuat bubuk, kelebihannya tidak perlu menunggu lama dalam meyeduh. Tetapi perlu diketahui teh daun jati china dalam bentuk bubuk tidak dapat bercampur atau tidak menyatu dengan air seperti kopi dan susu bubuk pada umumnya biasanya setelah diaduk bubuk teh akan mengendap dibawah gelas anda.
Karena teh jati china ini banyak peminatnya harap berhati-hati banyak teh daun jati china PALSUTeh daun jati china PALSU adalah bekas pakai kemudian dikeringkan di beri warna lagi. Hal ini sangat berbahaya bagi tubuh anda. Pastikan teh daun jati china yang anda beli ASLI.
Cara membedakan teh daun jati china yang asli dan palsu:
Foto dibawah ini daun sengon laut
Teh daun jati china mempunyai nilai ekonomis yang lumayan sehingga tak jarang ada oknum yang mencampur daun jati china/daun senna 2:1 dengan daun sengon laut  dimana ciri-ciri daun sengon laut hampir mirip dengan teh daun jati china hanya daun sengon laut sedikit lebih besar ukurannya dan ujungnya oval serta sedikit lebih tebal.
Semoga informasi ini bermanfaat.

CARA PENYIMPANAN TEH DAUN JATI CHINA
Sebaiknya teh daun jati china jangan di simpan dalam wadah tertutup seperti toples, letakkan pada tempat yang kering lebih baik ditempatkan dalam kantung plastik tetapi kantung plastik di beri lubang kecil-kecil agar ada udara yang masuk sehingga teh daun jati china tidak lembab. Karena teh daun jati china rentan dengan lembab dan mudah jamuran apabila ditempatkan tidak benar.


Informasi & Pemesanan :
ANNA HERBAL INDONESIA
Hp 081244274169

1 komentar:

  1. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontiyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    BalasHapus